Lagi, Penulis Surat Pembaca Dituntut di Pengadilan


Khoo Seng Seng (44) dituntut di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (4/6), karena dianggap telah mencemarkan nama baik PT Duta Pertiwi, pengembang kompleks pertokoan ITC Mangga Dua, melalui surat pembaca.

Khoo mengirimkan keluhan melalui surat pembaca ke harian Kompas dan Suara Pembaruan pada tahun 2006. Khoo protes karena merasa dibohongi. Kios miliknya di lantai 2 ITC Mangga Dua ternyata tidak bisa dimiliki sepenuhnya karena bangunan ITC Mangga Dua berdiri di atas tanah Pemda.

“Sewaktu beli, saya tidak mendapatkan penjelasan status tanah ini. Tetapi saya mendapatkan sertifikat HGB, IMB, dan akta jual beli yang menjelaskan obyek yang saya beli terdiri dari tanah dan bangunan. Kenapa ketika saya memperpanjang HGB dinyatakan ini tanah Pemda DKI Jakarta?” kata Khoo.

Khoo mengaku membeli kios ukuran 2,5 x 3 meter dari lelang Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) dengan harga Rp 421 juta pada tahun 2003, dan dia baru mengetahui status tanah yang sebenarnya ketika akan memperpanjang sertifikat pada tahun 2006. Status tanahnya bukan lagi hak guna bangunan (HGB) tetapi HGB di atas hak pengelolaan lahan (HPL).

Jumlah pedagang di ITC Mangga Dua sendiri hampir 3.000. Namun, yang tidak mau memperpanjang HGB sekitar 40 persen. Adapun yang memprotes sebanyak 20 orang.

Dalam pengakuannya di pengadilan, Khoo mengungkapkan alasannya mengirim surat pembaca karena ketidakpuasan, meminta masyarakat berhati-hati, apalagi setelah status tanah berubah menjadi HGB di atas HPL, bank tidak lagi mau menerima sebagai jaminan.

sumber :  kompas.com

Satu Tanggapan

  1. Baru dengar kasus yang ini !

    preseden lain lagi.
    ______________________________
    mungkin kurang publikasinya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: