Neh Dia…! 7 Rekomendasi Kongres Sepakbola Nasional


Penutupan Kongres Sepakbola Nasional (KSN) sempat diwarnai ketegangan antara pengurus PSSI dengan Ketua KSN, Agum Gumelar. Namun, hujan interupsi akhirnya mereda setelah Agum memutuskan untuk menghapus salah satu butir yang telah dihasilkan oleh tim perumus.

KSN yang digelar di Malang berakhir hari ini, Rabu (31/3). Namun, pada acara penutupan sempat terjadi ketegangan berupa hujan interupsi dari peserta Kongres yang melibatkan pengurus PSSI dan Ketua KSN, Agum Gumelar. Insiden ini berawal saat Nurdin melancarkan protes terhadap rekomendasi yang dibacakan oleh Agum. Menurut Nurdin, hasil dari tim perumus tidak mencerminkan hasil rapat komisi-komisi karena memuat usulan untuk membentuk Dewan Sepakbola Nasional.

“Dalam sidang komisi A, saya yang pertama mengusulkan agar Dewan Sepakbola Nasional ini dipikirkan. Namun, pimpinan rapat menganulirnya karena tidak sesuai dengan undang-undang,” kata Haruna Sumitro, Ketua Pengda PSSI Jawa Timur. “Kami ingin bertanya, apa tugas dari Dewan Sepakbola Nasional ini,” sambung pengurus PSSI lainnya, Togar Manahan Nero.

Menanggapi pertanyaan ini, Agum menjelaskan bahwa rumusan tim perumus tak hanya berasal dari hasil-hasil sidang komisi. Masukan-masukan yang berkembang di sidang pleno juga ikut dipertimbangkan. Agum juga mengatakan, kalau di tim perumus terdapat dua wakil PSSI, yakni Subardi dan Mafirion. Dengan demikian, hasil tim perumus juga tak lepas dari masukan keduanya.

“Beberapa usul yang radikal dalam rapat tim perumus tadi dengan tegas saya tolak. Namun, usul mengenai Dewan Sepakbola Nasional saya kira juga merupakan usulan dari peserta dan cukup baik,” kata Agum. Namun, penjelasan ini belum memuaskan para pengurus PSSI. Hujan interupsi pun kembali berlanjut. Suasana semakin panas saat Agum menawarkan untuk menggelar voting.

Tidak ingin kondisi bertambah parah, Agum pun memilih untuk mengalah. Mantan Ketua Umum KONI Pusat dan PSSI itu memutuskan untuk menghapus butir ke-8 rekomendasi tim perumus soal Dewan Sepakbola Nasional. “Sebagai Ketua KSN, saya memutuskan untuk menghapus butir ke-8 rekomendasi yang dihasilkan oleh tim perumus,” kata Agum dan disambut tepuk tangan oleh pengurus-pengurus PSSI.

KSN sendiri akhirnya resmi ditutup oleh Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora), Andi Mallarangeng. Dalam sambutannya, Andi meminta semua pihak agar menjalankan rekomendasi-rekomendasi yang sudah dihasilkan dalam KSN kali ini.

Berikut Hasil Rekomendasi KSN
1. PSSI perlu segera melakukan reformasi dan restrukturisasi atas dasar usul, saran dan kritik serta harapan masyarakat dan mengambil langkah-langkah konkret sesuai aturan yang berlaku untuk mencapai prestasi yang diharapkan masyarakat.

2. Perlu adanya pembangunan dan peningkatan infrastruktur olahraga khususnya sepakbola.

3. PSSI perlu meningkatkan komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi dengan seluruh stakeholder, terutama KONI dan Pemerintah.

4. Dilakukan pembinaan sejak usia dini melalui penanganan secara khusus melalui pendekatan IPTEK, dengan melibatkan tim yang terdiri dokter, psikolog, pemandu bakat dan pakar olahraga dan perlu segera disusun kurikulum standar nasional untuk penyelenggaraan Sekolah Sepakbola, PPLP, dan PPLM Sepakbola.

5. Metode pembinaan atlet pelajar/muda agar juga memperhatikan pendidikan formalnya

6. Pemerintah menyediakan anggaran dari APBN dan APBD untuk mendukung dan menunjang target dan pencapaian sasaran untuk menuju prestasi (karena dana APBD masih dibutuhkan untuk stimulan).

7. Perlu segera disusun dan dilaksanakan program pembinaan prestasi yang fokus kepada pembentukan tim nasional untuk menjadi juara dalam SEA Games 2011.

sumber tvone

2 Tanggapan

  1. hasilnya kurang menggigit, yang pasti ganti nurdin halid, kalau tak ada gantikan dengan nurdina halidah

  2. boleh jg saran nya tuh!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: