Ternyata Jabulani Bola Terburuk di Piala Dunia…


JOHANNESBURG – Jabulani kembali menuai kritikan tajam dari para tim peserta Piala Dunia karena kualitasnya yang tidak memenuhi standar.  Pelatih Inggris Fabio Capello pun mengklaim Jabulani adalah bola terburuk yang pernah dilihatnya.

Jabulani adalah nama yang diberikan untuk bola resmi Piala Dunia di Afrika Selatan. Jabulani sendiri mempunayi arti “to celebrate” (untuk merayakan). Namun sepertinya arti nama itu berbanding terbalik dengan kenyataanya saat ini.

Peristiwa blunder yang dilakukan oleh beberapa kiper akibat sulitnya untuk mengendalikan bola, maka tak heran jika bola keluaran Adidas itu menuai banyak kritikan pedas. Tak terkecuali dari mantan pelatih Real Madrid itu.

Menurut pandangan Capello, bola tersebut adalah bola terburuk saat ini dan mempunyai efek yang sangat merugikan bagi para pemain maupun kiper.

“Untuk pemain, bola itu sangat buruk dan juga bagi kiper yang tidak selalu kesulitan mengantisipasi pergerakannya,” ujarnya kepada BBC.

“Terkadang masalah terbesarnya adalah sulit untuk mengontrolnya. Akan sangat baik jika kamu bermain bola pendek, namun ketika mencoba bola panjang sangat sulit memahami bagaimana pergerakannya,” lanjutnya.

Tidak hanya capello, pelatih Pantai Gading Sven Goran Erikson juga turut mempertanyakan kualitas bola itu. “Sudah telat untuk melakukan sesuatu untuk bola tersebut di Piala Dunia. Ini pelajaran untuk pertandingan besar berikutnya. Seharusnya didiskusikan dan semua orang mendengarkan saran kiper terbaik dunia,” ujar Erikson.

sumber pialadunia.okezone.com

8 Tanggapan

  1. Mendingan bola buatan indonesia, kualitasnya lebih baik, hanya kalah pamor saja.

  2. komentar ya sebelum kalah …. emang yang menang pake bola laen …. kalo bola kotak mah gampang di tangkep … susah di tangkep soalnya ada jurus baru yg belum dikenal para komentator anti jabulani to ….

  3. Jabulani ane rasa ini merupakan bola yang bagus koq, karena sudah melalui berbagai uji drabilitas, tes tendangan dsb oleh pihak Adidas.
    mungkin tim2 besar yang merasa dipecundangi oleh tim2 yang dianggap remeh, contoh inggris, terlalu banyak komeng karena tim mereka gak bermain bagus…

  4. emang si banyak banget kejadian kiper gagal nangkep bola secara sempurna. Dan yang ngomong emang udah berbagai kalangan.

    tapi berhubung belom pernah ngrasain tuh bola ya gak tahu deh🙂

    simple movie review -> http://www.movfreak.co.cc

  5. Kalo menurut ane Jabulani gag berpengaruh besar sama penampilan tim, buktinya banyak tim yang bermain bagus dengan bola pendek atau bola panjang, malah rata2 pemain itu bukan pemain mahal dunia, liat Aljazair & Slovenia, mereka main bagus, mungkin tim besar hanya mencari alasan karena penampilan buruk mereka, masa pemain mahal kalah sama pemain nggak begitu terkenal…harga berarti nggak jaminan yak …

  6. kasian bolanya.. mnrt saya bolanya bagus kok, dan untuk PD2010 ini, sulit nampaknya memprediksi siapa yang akan menjadi juara..

  7. Sebetulnya kalau mau lebih dicermati lagi, ini merupakan serangan kepada Adidas dari para kompetitornya yang ingin memanfaatkan momentum Piala Dunia 2010 untuk menjatuhkan nama Adidas dengan cara mengkritik habis-habisan performa Jabulani.

    Fifa sendiri sudah melakukan uji terhadap Jabulani meliputi durabilitas, ketahanan dll. Sehingga menurut saya, ini hanya merupakan trik-trik para kompetitor Adidas saja yang gagal mesponsori Piala Dunia. Coba saja lihat, mereka yang berkomentar notabene adalah icon-icon produk dari kompetitor Adidas seperti Buffon, Christiano Ronaldo dll.

  8. wah wah…

    kenapa bisa gitu???

    klo menurut saya baik” aja tuh???

    hehehe…

    makasih infonya…

    salam hangat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: