Akhirnya Viar Minta Maaf sama Yamaha….


PT Triangle Motorindo, produsen sepedamotor Viar di Indonesia meminta maaf kepada Yamaha Motor Co., Ltd. karena melanggar Undang-undang Desain Industri.

Dyonisius Beti, Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia menjelaskan, aksi plagiat sudah dilakukan sejak lama. Karena mengusik hak cipta milik Yamaha, maka prinsipal menyewa pengecara di Indonesia untuk segera mengatasi hal ini.

“Dari pelaporan ini, kemudian pihak Kepolisian melakukan sidak ke pabrik Viar dan memang ditemukan beberapa produk hasil plagiat. Ini pelanggaran dan harus diselesaikan secepatnya. Kami harap Viar dan produsen lain tak lagi mengulangi hal ini,” ujar Dyon.

Dyon menambahkan, Yamaha Jepang merupakan pemegang hak cipta produk-produk yang diproduksi di Indonesia. Pengurusan hak cipta ini, lanjutnya, membutuhkan biaya yang tak sedikit karena melibatkan banyak pihak, mulai dari desainer hingga pengurusan surat-surat resmi ke berbagai lembaga.

“Anggap saja ini teguran keras. Kami tak akan menuntut apa-apa. Cuma satu yang kami inginkan, tak ada lagi tindakan plagiat,” tegas Dyon.

Dijelaskan, pabrik Viar digeledah tiga kali pada 20 dan 24 Agustus 2009 serta 1 Januari 2010. Dari penggeledahan diketahui, Viar melakukan tindakan memproduksi dan menjual model StarfitZ, StarZ, dan StarMX yang melanggar hak cipta. Pada penggeledahan tersebut, banyak unit StarfitZ dan StarZ disita oleh pihak berwenang.

“Kami secara tulus memohon maaf kepada Yamaha Motor Co., Ltd. pemilik Hak Desain Industri tersebut. Kami juga memohon maaf kepada khalayak konsumen dan pihak-pihak yang terkait atas terganggunya pasar sepedamotor akibat kegiatan kami melanggar hukum,” ujar Ignatius Kartiman, Presiden Direktur Viar dalam keterangan resminya.

sumber kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: